Footer Gadget 2

Ice Breaker Game: Terlalu Banyak Solusi?

Ice Breaker Game
Ice Breaker Game: Terlalu Banyak Solusi?

Garis besar Ice Breaker Game
Permainan Ice Breaker Game ini mengamati manfaat brainstorming terhadap sekelompok peserta dalam mengatasi masalah yang diberikan.

Tujuan Ice Breaker Game

  1. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.
  2. Menghasilkan sebanyak mungkin ide dari sekelompok orang dengan menggunakan tekhnik brainstorming.
  3. Memperkenalkan dan menerapkan sinergi.

 Waktu yang dibutuhkan Ice Breaker Game
30-60 menit (tergantung tipe masalah yang diberikan).

Jumlah peserta Ice Breaker Game
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke dalam subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.

Materi yang dibutuhkan Ice Breaker Game
Kertas flipchart dan spidol untuk masing-masing subkelompok.

Prosedur Ice Breaker Game
1. Bagi peserta menjadi tim yang terdiri dari 5-7 peserta.
2. Berikan sebuah masalah kepada tim untuk diatasi. Masalah tersebut bisa berupa masalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau masalah imajiner. Misalnya, bagaimana mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk toko kita? Atau bagaimana caranya menjual es kepada orang Eskimo?

3. Peraturan:
Masing-masing tim harus memilih seorang juru tulis.juru bicara. Juru tulis ini harus menggali ide sebanyak mungkin dari anggota timnya selama 10-15 menit. Tidak ada diskusi pendapat selama 10-15 menit tersebut.
Juru tulis diminta untuk mendorong anggota timnya mengeluarkan ide apapun meski menggelikan atau tidak masuk akal.

Setelah 10-15 menit habis, masing-masing tim harus mengevaluasi setiap ide yang dihasilkan timnya. Lalu memutuskan tiga ide terbaik. Setelah memperoleh kesepakatan, masing-masing juru bicara harus mempresentasikan hasil yang diperoleh timnya kepada seluruh peserta.

Setelah masing-masing tim mempresentasikan idenya, seluruh peserta kemudian harus memutuskan satu ide terbaik yang telah disebutkan.

Poin diskusi Ice Breaker Game
1.  Tim mana yang memiliki ide paling banyak? Mengapa?
2.  Apakah setiap orang terkejut dengan jumlah ide yang dihasilkan?
3.  Apakah ide aneh dan menggelikan dapat mengarahkan peserta untuk menggali lebih banyak ide produktif?
4.  Siapa yang memiliki masalah dengan konsep tidak ada diskusi pada saat pertama ide dikeluarkan?
5.  Anggota kelompok mana saja yang memberikan semangat kepada anggota lain untuk mengeluarkan lebih banyak ide?

Variasi
1. Jika peserta memiliki masalah yang sama, dapat digunakan dalam latihan ini.
2. Masing-masing tim dapat diberikan masalah yang berbeda untuk diatasi.

Sumber: 100 Training Games, Gary Kroehnert, McGraw-Hill Book Company, Australia, Sidney, Copyright 1991

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Kumpulan Ice Breaker. All Rights Reserved. Template by CB Blogger